Tentang Komunitas

P

endiri dari komunitas ini  pada awal mulanya adalah ketika sekelompok kecil warga masyarakat Probolinggo dari beberapa unsur yang mempunyai pandangan yang senada terhadap dinamika pada masyarakat, khususnya pada masyarakat pedesaan pada tingkat grass root yang dari sisi kehidupan sosial dan perekonomian termasuk dalam kategori yang kurang beruntung mendatangi kami untuk berkonsultasi mengenai pemberdayaan masyarakat di desa
Kelompok ini terdiri dari unsur tokoh agama (Ustad,Ustadzah,Kyai) tokoh Pemuda (Sarjana dalam Bidang Seni, Sastra Pendidikan) serta beberapa tokoh masyarakat yang  mempunyai pandangan yang sama dan dari berbagai latar belakang pengamatan, pengalaman mereka mendapati beberapa hal yang sangat menonjol pada lingkup masyarakat pedesaan yaitu :

  1. Sikap yang menerima apa adanya dan kurangnya keinginan untuk maju dan berusaha sebagai wirausaha. Tapi lebih cenderung jika bekerja adalah sebagai pegawai, buruh pabrik dan buruh tani atau bidang bidang sejenis itu.
  2. Minimnya informasi mengenai kesempatan berwirausaha serta kesempatan untuk melakukan hal hal yang menuju kearah ke mandirian ekonomi sebagai wirausaha.
  3. Tingkat pendidikan formal yang relatif rendah serta kurangnya kemampuan dalam bidang teknologi untuk aplikasi dalam upaya ber wira usaha

Dari beberapa hal tersebut, akhirnya kelompok tersebut bermufakat untuk membentuk suatu lembaga yang didalamnya mempunyai bentuk kegiatan agar bisa menjadi percontohan dan diharapkan menjadi stimulan bagi masyarakat pedesaan untuk bergerak dalam dibidang keswadayaan pada bidang ekonomi serta sosial dimulai dari tingkat pedesaan di Kabupaten Probolinggo.