Pemkab Probolinggo Bantu UMKM

  • 19 September 2016 |

bantujualMelihat pentingnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Probolinggo, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memilih untuk membantu mereka. Caranya adalah dengan membuka pintu bagi pengusaha UMKM kepada distributor besar di daerah sekitar.

Hal ini disebutkan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo Kepala Bidang Bina UKM Drs. Bambang Supriadi. MM, Pihaknya sudah menghubungi Cooperative Trading House (CTH) selaku distributor makanan minuman (mamin) dan hadycraft serta Asco atau Koperasi Agro Sukses Makmur selaku distributor mamin.
Dari pertemuan ini ada kesepakatan kerja sama antara UMKM dengan kedua distributor tersebut, khususnya tentang pendistribusian produk UMKM Kabupaten Probolinggo. Kerja sama ini diikat dalam bentuk kontrak yang nantinya dirumuskan bersama antara UMKM dengan kedua distributor dalam waktu yang tidak bersamaan, fasilitasi UMKM dengan distributor produk mamin ini bertujuan dalam rangka perluasan akses pasar bagi UMKM. Sebab selama ini pemasaran produk masih banyak dilakukan di pasar lokal.
Dengan kerja sama ini diharapkan pemasaran produk UMKM bisa lebih merata baik regional maupun nasional. Dengan demikian UMKM ini menjadi mandiri dan bisa naik kelas klasifikasinya. Dari mikro ke kecil maupun dari kecil ke menengah.
UKM itu dibagi dalam beberapa kriteria. Usaha mikro jika modalnya berkisar Rp 0-50 juta dengan omset Rp 0-300 juta/tahun, usaha kecil jika modalnya berkisar antara Rp 50-500 juta dengan omset Rp 300 juta-2,5 milyar/tahun dan usaha menengah jika modalnya berkisar Rp 500 juta-10 miliar dengan omset Rp 2,5 miliar-50 miliar/tahun.

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Pelatihan Hasil laut Pelatihan Akuntansi »
kembali ke atas