Sosialisasi IUMK

  • 29 September 2016 |

sosialisasi iumkDalam rangka memaksimalkan perolehan surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah senantiasa menggalakkan sosialisasi IUMK kepada para Kades (kepala Desa) serta PUMK (Pelaku Usaha Mikro dan Kecil) kabupaten Probolinggo.

 Pada hari  kamis, tgl 29/9/2016, sosialisasi IUMK kepada Kades dan PUMK ini dipusatkan di KPRI Sejahtera Kecamatan Pajarakan. Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Kraksaan, Krejengan, Pajarakan dan Gending. Dimana masing-masing kecamatan mengirimkan 25 orang peserta.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Probolinggo melalui Kasi Pengembangan Kewirausahaan, Bpk. Drs.Imam Suyitno mengatakan kegiatan ini bertujuan agar pelaksanaan pemberian IUMK kepada para PUMK di masing-masing kecamatan bisa dilaksanakan secara maksimal.

 “IUMK ini diberikan agar ada kepastian hukum kepada para PUMK sehingga nantinya mendapatkan pembinaan dan pemberdayaan dari pemerintah, termasuk di dalamnya fasilitasi usaha,” demikian disampaikan oleh beliau.

Menurut Kasi Pengembangan Kewirausahaan tersebut, IUMK ini dikeluarkan oleh Camat dalam bentuk naskah satu lembar. Selanjutnya surat keterangan usaha tersebut dibawa ke bank untuk mendapatkan Kartu IUMK yang nantinya bisa digunakan sebagai persyaratan untuk meminjam permodalan usaha.

IUMK ini diperlukan agar keberadaan UMK bisa terdaftar di Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Probolinggo. Dengan demikian, apabila ada pelatihan bisa diikutsertakan sebagai peserta. Serta mendapatkan pendampingan dalam upaya memajukan usaha.

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Pelatihan Akuntansi Internet untuk UKM »
kembali ke atas