Bimtek IUMK

  • 19 Januari 2016 |

iumkTahun 2016, Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah menargetkan mampu menerbitkan 12 ribu Ijin Usaha Mikro dan Menengah (IUMK) dari UKM di Kabupaten Probolinggo. Target 12 ribu itu nantinya akan dibagi secara proporsional kepada 24 kecamatan.

Menurut Kepala Bidang Bina UKM (Drs, Bambang Supriadi, MM) Setiap kecamatan targetnya tidak sama, rata-rata diambil 9% dari jumlah UKM di masing masing kecamatan

 

Demi mewujudkan hal tersebut, Pemkab memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada Kasi Ekonomi Kecamatan dan Pendamping IUMK di Hotel Tampiarto Probolinggo, Minggu hingga Selasa (17-19/01/2016). Usai diberikan bimtek, mereka langsung diajak study banding untuk melihat pelaksanaan penerbitan IUMK di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, Selasa dan Rabu (19-20/01/2016).

Bimtek dan study banding tentang pelayanan IUMK ini diikuti oleh 36 orang peserta terdiri dari unsur 24 Kasi Ekonomi Kecamatan, 6 Pendamping/Fasilitator IUMK serta 6 petugas dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo.

Menurut Drs, Bambang Supriadi, MM, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada petugas teknis di lapangan dalam melakukan pendampingan terhadap Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) sehingga mampu memahami tata cara prosedur dan penerbitan IUMK. “Harapannya nanti targer 12 ribu IUMK bisa terpenuhi,” harapnya.

Dalam bimtek ini para peserta mendapatkan materi dari BDS (Business Development Services) Provinsi Jawa Timur dan perbankan. Materi yang diberikan meliputi ketentuan Peraturan Presiden RI Nomor 98 Tahun 2014 Tentang Perizinan Untuk Usaha Mikro dan Kecil serta Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 83 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil.

Selain itu juga ada materi tentang petunjuk teknis pelaksanaan IUMK dan kiat-kiat sukses pendampingan UKM sasaran IUMK. Serta fasilitasi pembiayaan bagi UKM di Kabupaten Probolinggo.

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Pelatihan Keterampilan Sablon Pelatihan Kriya Kayu »
kembali ke atas