Pompa air tenaga sepeda

pompaPermasalahan sulitnya pengairan kolam dan tambak kini mulai terjawab. Tak hanya lebih murah dari sisi biaya pengadaan, pompa air tenaga sepeda motor ini bahkan bisa dibongkar-pasang. Memiliki lahan tambak atau kolam yang jauh dari jalan raya dan jaringan listrik menjadi masalah tersendiri bagi pembudidaya. Pasalnya, instalasi pompa air untuk urusan pasokan dan pengurasan air membutuhkan listrik. Dibutuhkan pemasangan instalasi listrik jauh hingga ke dalam area kolam dan tambak. Tentu saja, urusannya terkait dengan biaya pemasangan yang ikut membengkak. Menyiasati kesulitan listrik, pengadaan mesin diesel menjadi alternatif. Sayangnya, biaya pengadaan mesin diesel tidak murah. Belum lagi urusan pengadaan bahan bakar yang membutuhkan ruang penyimpanan tersendiri. Sewa mesin diesel pun menjadi solusi. Lagi-lagi kendala muncul. Sedikitnya pemilik mesin diesel mengharuskan para pembudidaya harus rela mengantri. Tak hanya itu, ongkos sewa mesin pun menjadi tidak terprediksi, tergantung tarif yang dipatok pemilik mesin diesel.

Solusi dari alat transportasi

Sepeda motor telah menjadi alat transportasi sehari-hari. Dengan kemudahan-kemudahan yang disediakan para penjualnya, sepeda motor telah menjadi barang yang bisa dimiliki oleh kalangan menengah ke bawah sekali pun. Memanfaatkan mobilitas sepeda motor yang mampu mencapai daerah-daerah dengan jalan relatif sempit, juga potensi penggerak mesin yang berputar, dimanfaatkanlah kuda besi tersebut sebagai penggerak mesin pompa air modifikasi. Cara kerja pompa air modifikasi ini cukup sederhana, yaitu memanfaatkan putaran magnet sepeda motor untuk memutar kipas dalam pompa air yang akan menyedot air. Poros atau as kipas pompa air langsung dihubungkan dengan baut magnet sepeda motor. Agar air yang terhisap tidak masuk ke ruang magnet motor, terdapat sekat yang kedap air. Meskipun cara kerjanya tampak sederhana, tetapi alat yang dihasilkan memiliki fungsi yang sangat berarti bagi para petani dan pembudidaya ikan. Tak heran jika sebuah perusahaan alat motor di Surabaya, Fuboru, memproduksi pompa air modifikasi dengan penggerak sepeda motor ini secara masal.
Spesifikasi pompa air tenaga sepeda motor ini dibuat dengan menggunakan sepeda motor sebagai alat penggeraknya. Ukuran inlet 2 inchi dan outlet-nya juga 2 inchi. Pada kondisi RPM stasioner atau gigi netral, debit air yang dihasilkan sebesar 2,6 liter per detik. Daya hisap vertikalnya mencapai kedalaman 8 meter.
Dengan harga relatif murah, berkisar Rp 600.000—800.000, pompa air modifikasi berbahan plastik ini memiliki segudang keunggulan. Dengan bobot berkisar 1,6 kilogram dan diameter berkisar 30 cm, pompa air ini mudah dibawa ke daerah yang tidak terjangkau oleh transportasi berbadan lebar, misalnya mobil. Jenis sepeda motor yang digunakan pun yang umum dipakai kebanyakan orang.

Pak No, misalnya. Warga Ketapang Probolinggo telah mencoba mesin pompa air tenaga sepeda motor ini selama tiga hari untuk sepeda motor Honda Astrea dan Yamaha Jupiter. Menurutnya tidak ada masalah sama sekali.

Harga murah, instalasi mudah

Pompa air tenaga sepeda motor yang sudah banyak beredar ini cukup mudah dalam instalasinya. Sebelum memasang pompa air pada mesin sepeda motor, perlu disiapkan terlebih dahulu pipa PVC ukuran 2 inchi untuk menyedot air dan pipa spiral berukuran sama. Penggunaan selang plastik spiral yang lentur atau fleksibel akan memudahkan instalasi.
Pada bagian ujung pipa PVC yang dimasukkan ke dalam sumber air dipasang filter air. Sementara pada ujung pipa spiral di pasang baut konektor yang akan digunakan untuk menghubungkan selang spiral dengan mesin pompa.
Langkah selanjutnya, buka penutup badan magnet pada sepeda motor yang biasanya terletak di sisi kiri. Pada lubang dipasang as konektor sesuai jenis sepeda motor yang digunakan. Bisa konektor motor Yamaha atau Honda. Diikuti pemasangan piringan logam sebagai penghubung sepeda motor dengan pompa. Pemasangan harus cukup kencang agar dudukan mesin pompa tidak goyang.
Selanjutnya, pasang pompa. Perhatikan posisi lubang pipa penghubung dengan as konektor agar pas. Kunci dengan baut agar stabil dengan kunci ukuran 10.
Untuk menghindari panasnya mesin sepeda motor, pasang selang kecil yang telah disediakan pabrikan. Masukkan salah satu ujungnya ke lubang outlet pompa, lalu letakkan ujung satunya di atas mesin motor, tempat kisi-kisi angin. Buatkan pengait dari kawat agar posisi ujung selang selalu di atas mesin.
Agar proses penghisapan air lebih cepat, lakukan pemancingan dengan memasukkan air ke dalam pipa dan selang spiral hingga penuh. Kemudian pasang seal ke dalam baut pengencang untuk menghindari kebocoran. Pasang selang spiral ke lubang inlet, lalu kencangkan baut.
Isikan kembali air lewat lubang output hingga penuh, lalu nyalakan mesin motor. Semakin kencang tarikan gas motor, debit air yang keluar juga semakin besar.
Untuk menjaga agar tarikan gas tetap atau stasioner, atur baut pengatur tarikan gas pada kabel gas sepeda motor.
Menurut salah satu distributor pompa air tenaga sepeda motor di Pariaman, Syafril, pemakaian pompa ini tahan 24 jam lebih. Bisa digunakan untuk sepeda motor Honda dan Yamaha 4 tak, dengan tutup magnet pada motor. Untuk satu liter bensin bisa digunakan selama 3,5 jam dalam kondisi starter motor normal.
Tak hanya di Indonesia, model pompa air dengan tenaga sepeda motor ini juga sudah diterapkan di beberapa kawasan, seperti Cina dan Afrika. Tentu saja, dengan modifikasi sesuai jenis sepeda motor yang ada di sana. Dengan semua keunggulan yang dimiliki, pompa ini diharapkan bisa memenuhi solusi kebutuhan pembudidaya terhadap pasokan dan pengurasan air di kolam maupun tambak.
Selama sepeda motor Anda mampu mendaki gunung dan menembus hutan, tak perlu bingung urusan pindah-memindah air. Tentu saja, Anda perlu siapkan tangki bensin cadangan. Jangan sampai asik mengisi air kolam atau tambak, pulangnya Anda jalan kaki

Nilai butir ini
(3 pemilihan)

1 komentar

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi wajib yang ditandai (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

kembali ke atas