Pompa Ramp

ramPompa Hidraulik Ram merupakan teknologi tepatguna. Pompa ini dapat memompa air dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi. Pompa Ram adalah pompa hemat energi, karena tidak menggunakan bahan bakar minyak maupun gas dan juga tidak menimbulkan pencemaran, pompa bekerja dengan memanfaatkan tenaga air (palu air). Pompa ini sangat cocok untuk daerah pegunungan atau daerah pedesaan yang berbukit. Salah satu villa di Puncak sudah memanfaatkan pompa ini untuk penyediaan air bersihnya.
Sudah saatnya sekarang kita mengembangkan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan, dalam artian tidak mencemari lingkungan, dan ini sangat cocok untuk negara kita. Sebagai negara agraris kita harus dapat swasembada pangan dan tidak harus mengorbankan lingkungan. Teknologi tepat guna yang dimaksud adalah teknologi sederhana, murah dan dapat berfungsi dengan baik.

Teknologi tepat guna sebenarnya dapat digali dari masyarakat kita yang mempunyai budaya yang sedemikian majemuknya. Indonesia yang berada pada garis khatulistiwa, masalah air cukup melimpah tetapi kadang-kadang masih ada saudara kita yang tidak dapat menikmati air dengan tenang karena sumber air berada pada lokasi yang relatif lebih rendah dari lingkungan pemukiman mereka.
Dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat terutama didaerah-daerah yang berbukit dan sulit untuk mengambil air karena lokasi sumber air yang relatif lebih rendah. Hal ini dapat ditolong dengan pompa ram jika kondisi topografinya mendukung. Pompa ram adalah pompa dengan memanfaatkan tumbukan air untuk menaikan air.
Pelatihan pembuatan Pompa Ram ini bertujuan untuk memasyarakatkan Pompa Ram yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan antara lain untuk penyediaan air bersih, untuk perikanan maupun untuk pertanian. Program ini bermanfaat untuk membantu masyarakat agar bisa memenuhi penyediaan air kebutuhan rumah tangga dan mengenalkan teknologi tepat guna ramah lingkungan.

 

Nilai butir ini
(2 pemilihan)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi wajib yang ditandai (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

kembali ke atas