UKM atau UMKM dalam bidang perdagangan

Yang dimaksud Perdagangan atau perniagaan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa atau keduanya yang berdasarkan kesepakatan bersama bukan pemaksaan. Pada masa awal sebelum uang ditemukan, tukar menukar barang dinamakan barter yaitu menukar barang dengan barang. Pada masa modern perdagangan dilakukan dengan penukaran uang. Setiap barang dinilai dengan sejumlah uang. Pembeli akan menukar barang atau jasa dengan sejumlah uang yang diinginkan penjual. Dalam perdagangan ada orang yang membuat yang disebut produsen. Kegiatannya bernama produksi. Jadi, produksi adalah kegiatan membuat suatu barang. Ada juga yang disebut distribusi. Distribusi adalah kegiatan mengantar barang dari produsen ke konsumen. Konsumen adalah orang yang membeli barang. Konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang dari hasil produksi.

Dalam kegiatan UKM atau UMKM  di bidang perdagangan adalah pengusaha yang melakukan usahanya dengan cara berdagang adalah pengusaha yang menjual komoditas yang dimiliki atau didapatkannya dengan tanpa melakukan proses terhadap komoditas tersebut. Sebagai contoh adalah pengusaha yang mendapatkan komoditas (meski dia juga melakukannya dengan cara membeli yang selanjutnya disebut kulak) kemudian dia menjualnya kembali tanpa merubah komoditas tersebut. Misalnya seseorang pengusaha kulak bawang dan kemudian juga menjualnya tetap sebagai bawang dengan mendapatkan laba. Hal ini berlaku terhadap berbagai komoditas yang ada.

Pada Bidang Perdagangan di Probolinggo, komoditas yang di perdagangkan antara lain adalah :

  • Hasil Laut
  • Hasil Bumi pertanian, peternakan dan perikanan
  • Palawija, yang dimaksud palawija adalah tanaman selingan atau tanaman kedua dan bukan merupakan tanaman utama, seperti umpamanya hasil tanaman yang ditanam sebagai selingan seperti ubi jalar, berbagai labu dan lain lain.
  • Kedai atau warung yang menyediakan kebutuhan sehari-hari