Sentra Gerabah Besuk

gerabahpro1Kecamatan Besuk di kabupaten Probolinggo terdiri dari 17 desa. Salah satu usaha rakyat yang terkenal adalah industri gerabah tanah liat yang banyak di usahakan oleh warga di daerah ini. Desa yang banyak mengusahakan usaha gerabah ini meliput 3 desa yaitu, Alassumur, Alaskandang dan Besuk kidul. Usaha ini kebanyakan adalah industri tradisional yang pengolahannya juga sangat sederhana.
Kualitas industri gerabah di desa ini dari sisi teknik adalah masuk dalam kategori sedang / tradisional dan untuk sisi desain berada pada kondisi apa adanya. Hal ini dikarenakan dukungan teknologi serta kondisi masyarakat yang tidak mendukung.
Suhu pembakaran dari keramik ini masih pada tahap suhu bakaran yang rendah 200-300 0C dengan metode tradisional menggunakan bahan bakar kayu, sekam dan sejenisnya. Tidak adanya dukungan tungku yang memadai serta bimbingan dari tenaga ahli membuat daerah ini sangat jauh tertinggal jika dibandingan dengan Kasongan atau Dinoyo. Dari sisi desain mereka juga tidak punya gambaran yang pasti, jadi hanya berupa produk berupa cobek, anglo dan pot
Kesadaran masyarakat serta cita rasa seni sangat diperlukan untuk memajukan usaha ini. Disamping perlunya peningkatan skill dalam sisi teknik serta pemasaran dan manajemen.

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Keramik Sulolo

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi wajib yang ditandai (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

kembali ke atas